PMI dan Palang Merah Denmark Bantu Bau-Bau

Maret 24, 2009 at 12:58 am Tinggalkan komentar

dsc_0282Kota Bau-Bau terus saja menjadi perhatian publik. baik dari dalam maupun luar negeri. Teranyar, Palang Merah Indonesia (PMI) bekerja sama dengan Palang Merah Denmark memilih Kota Bau-Bau untuk menyalurkan bantuannya berupa program-program pemberdayaan kepada masyarakat. Bahkan, sebelum bantuan dari PMI dan Palang Merah Denmark turun di masyarakat, telah terjadi pertemuan antara PMI pusat yang dipimpin oleh Ujang Dede Lesmana, Palang Merah Denmark Mr Hans dan Pemkot Bau-Bau yang dihadiri oleh Wakil Walikota Bau-Bau Drs H LM Halaka Manarfa serta tak ketinggalan ketua PMI Bau-Bau Nyonya Yusni Amirul di rujab Walikota Bau-Bau, Sabtu akhir pebruari lalu (21/2).

Kepala sub divisi kesiapsiagaan bencana markas besar PMI Ujang Dede Lesmana ketika ditemui usai pertemuan tersebut mengungkapkan, pada dasarnya, PMI akan turun langsung ke masyarakat mengawal program ini dengan mengirimkan tim-tim KSR, sukarela, satgana dan juga staf untuk mendampingi masyarakat sehingga masyarakat bisa tahu apa yang mereka inginkan.
Namun demikian, Ujang mengharapkan ke depan bukan hanya PMI yang menjalankan program ini pemerintah daerah itu bisa melanjutkan program ini dengan mengkopi apa yang sudah dilakukan pencapaian PMI. Sehingga keberlanjutan atau kesimbungan program ini tidak hanya sebatas PMI dan palang merah Denmark tapi nanti pemerintah dan kelompok-kelompok masyarakat bisa melanjutkan program ini.

Menurut Ujang, program ini pelaksanaannya sudah dimulai awal maret dengan program pertama melalukan rekrutmen staf di tingkat cabang dan dilanjutkan dengan assessment bahaya, assessment kapasitas local, assessment kerentanan local,serta pemetaan resiko secara partisipatif dengan melibatkan masyarakat untuk mengenali daerahnya

Terkait mengenai jumlah dana, Ujang menegaskan, program ini belum sampai kepada pembahasan dana karena akan ada budget meeting di Jakarta dengan mengundang seluruh pengurus cabang dan pemerintah. Budget meeting tersebut dalam bentuk mitigasi non structural, pelatihan, pendamping, penyuluhan dan juga ada mitigasi structural.”Misalnya kalau masyarakat membutuhkan MCK maka akan dibangunkan MCK tapi ini berdasarkan masyarakat masyarakat nanti apa yang menjadi kebutuhan,”ujar Ujang.

Wakil dari palang merah Denmark Mr Hans dalam keterangannya yang didampingi salah seorang penterjemah mengatakan, focus dari pada program ini masyarakat berupa bantuan pengembangan kapasitas. Akan tetapi, yang sangat penting adalah palang merah Denmark bukan yang melaksanakan melainkan mensuport PMI.

Dijelaskan, isu penting dalam program ini yakni PMI yang telah terorganisir dengan baik dan keinginan masyarakat bisa tercapai. Oleh sebab itu, PMI akan bekerja membuat team yang akan bekerja dalam suatu komunitas.

Sementara itu, Wakil Walikota Bau-Bau Drs. H. LM Halaka Manarfa saat pertemuan dengan PMI dan palang merah Denmark menyambut baik bantuan berupa program pemberdayaan kepada masyarakat dari PMI dan Palang Merah Denmark. Pasalnya, masyarakat Kota Bau-Bau sangat membutuhkan bantuan pemberdayaan seperti ini di tengah situasi seperti sekarang ini. (said idu)

Entry filed under: Uncategorized. Tags: .

Baubau Butuh Pengusaha dan Perbankan Buah pikiran MZ. Amirul Tamim, M.Si

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Subscribe to the comments via RSS Feed


Kepala Daerah

Photo Flipbook Slideshow Maker

Prakata Pimpinan Redaksi

Glitter Photos Kami ucapkan selamat datang di Majalah Semerbak Online Kota Bau-Bau. majalah udara ini merupakan isi dari edisi cetak dari majalah Semerbak yang kami terbitkan setiap bulannya. Kami berharap, masukan saran dan kritik membangun dari pembaca sekalian. Meski kami hanya mengunakan ruang blog, tapi kami berharap para netter dan blogger di Indonesia maupun di belahan dunia ini bisa mengapresiasi terhadap apa yang kami perbuat...selamat Membaca..

Kota Bau-Bau


Photo Flipbook Slideshow Maker

Halaman lain-lain

Link Net Kota Bau-Bau


%d blogger menyukai ini: