Japex & Elnusa Incar Minyak Bau-Bau

Maret 24, 2009 at 1:19 am 3 komentar

Sepertinya, asumsi publik masyarakat Pulau Buton pada umumnya tentang prospek tambang di negeri ini sebagai ‘wasiat’ cerita bertutur dari moyang bahwa negeri ini banyak titik tambang yang suatu saat kelak mencitrakan Buton di publik dunia, nampaknya mulai mendekati titik terang. Tak hanya tambang aspal yang sudah lama ‘hadir’. Kini , nikel dan minyak bumi pun mulai di uji kebenarannya. Bahkan perusahaan internasional sekelas Japex dan Elnusa dalam waktu dekat akan melakukan uji coba pengeboran di Bumi Semerbak ini. Semoga benar adanya!

Japex dan Elnusa, dua perusahaan bertaraf Internasional benar-benar melirik Kota Bau-Bau sebagai ladang tambang baru di bumi nusantara. Akhir Januari lalu (29/1) kedua perusahaan ini berkunjung ke Bau-Bau, bahkan mensurvey beberapa titik minyak, yang lokasinya berada di Kecamatan Sorawolio. Bahkan disebutkan akan melakukan uji coba pengeboran minyak.

Meski begitu belum disebutkan dimana saja lokasi-lokasi uji coba pengeboran tersebut. Namun yang pasti, uji coba pengeboran itu menguatkan jika Kota Bau-Bau kaya dengan potensi tambang yang bisa memberikan tingkat kemakmuran yang lebih baik lagi bagi masyarakat Kota Bau-Bau dan Buton pada umumnya. Demikian dikatakan Kabag Sumber Daya Alam Setda Kota Baubau Drs LM. Syafruddin E M.Si, Kamis (29/1).

Menurut Syafruddin, dari hasil uji coba pengeboran di beberapa titik yang akan dilakukan oleh Japex dan Elnusa akan diketahui kelayakan seberapa besar potensi minyak yang ada di daerah tersebut ataukah ada potensi lain selain tambang minyak misalnya gas bumi dan lain sebagainya.

Diketahuinya titik-titik tambang minyak bumi ini di Kecamatan Sorawolio bermula dari perusahaan Golf Oil yang kemudian ditindaklanjuti oleh perusahaan minyak lain PT. Conoco Philips dan selanjutnya hasil sismik dari PT Conoco Philips dikoreksi kembali secara detail oleh Japex pada 1000 lebih titik sismik. Hal ini maksudkan untuk mengetahui dimana titik-titik minyak yang ada di wilayah Kecamatan Surawolio.

Keseriusan Japex dan Elnusa untuk menggali kekayaan perut bumi Bau-Bau ini bukan sekedar wacana. Japex yang merupakan perusahaan minyak berbendera Jepang ini melalui General Manager(GM)-nya Sisiro Simitsu dan General Manager (GM) Elnusa, Herianto telah berkunjung khusus ke Palagimata menemui Walikota Bau-Bau, MZ Amirul Tamim membicarakan keinginan perusahaan ini. Namun bagaimana teknis pelaksanaannya belum ada penjelasan secara resmi.

Walikota Bau-Bau dalam beberapa penjelasannya kepada media mengungkap jika pihaknya tetap ‘welcome’ kepada dunia investasi demi kemajuan dan kesejahteraan warga Bau-Bau dan Buton pada umumnya. “Kita beri kemudahan bagi dunia investasi, itu saah satu pengejawantahan visi-misi pembangunan Kota Bau-Bau, kita tunggu saja bagaimana kelanjutan rencana Japex dan Elnusa,” ujarnya singkat.

Entry filed under: Uncategorized. Tags: .

Buah pikiran MZ. Amirul Tamim, M.Si Dengar, Akses dan Nonton Kami di Malam Sabtu!

3 Komentar Add your own

  • 1. Lahardi  |  April 22, 2009 pukul 2:07 pm

    Hehehe…., ada beberapa informasi yg salah dari tulisan di atas. Bahkan penulisan nama General Manager & Exploration Manager-nya Japex Ltd. salah tulis (eh, nama “berbau” Jepang di atas bukanlah nama general manager Elnusa; betapa tidak Elnusa itu perusahaan nasional boo..). :)

    Oya, kebenaran sy punya agenda kegiatan Japex Buton Ltd. (JBL) di Buton Block (saham: 40% Japex Ltd., 30% Kufpec Ltd., dan 30% PremierOil Ltd.) . Soalnya sy adalah bagian dari tim geologist selama geological project-nya Buton Block dari 2005 – 2007.

    Tentang sumur “taruhan”, di Buton Block hanya bakal ada 1 sumur explorasi. Itupun lokasinya (tempat pemboran nantinya di 2010) di Kabupaten Buton (bukan di Bau2).

    Salam,
    Lahardi
    -independent geologist-

  • 2. oardien  |  Oktober 3, 2010 pukul 5:35 pm

    kpn pertambangan di buton d eksploitasi sehingga dapat menyerap tenaga kerja yang banyak

  • 3. dian arsal, st  |  Maret 9, 2011 pukul 2:12 pm

    kapan lamaran kerja di bukaaa……….?????????/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Subscribe to the comments via RSS Feed


Kepala Daerah

Photo Flipbook Slideshow Maker

Prakata Pimpinan Redaksi

Glitter Photos Kami ucapkan selamat datang di Majalah Semerbak Online Kota Bau-Bau. majalah udara ini merupakan isi dari edisi cetak dari majalah Semerbak yang kami terbitkan setiap bulannya. Kami berharap, masukan saran dan kritik membangun dari pembaca sekalian. Meski kami hanya mengunakan ruang blog, tapi kami berharap para netter dan blogger di Indonesia maupun di belahan dunia ini bisa mengapresiasi terhadap apa yang kami perbuat...selamat Membaca..

Kota Bau-Bau


Photo Flipbook Slideshow Maker

Halaman lain-lain

Link Net Kota Bau-Bau


%d blogger menyukai ini: