Baubau Butuh Pengusaha dan Perbankan

Maret 24, 2009 at 12:46 am Tinggalkan komentar

nur-alam-didemoBaubau memiliki sumber daya alam (SDA) yang melimpah, namun untuk mengelolanya, butuh kerjasama antara pemerintah, pengusaha, dan perbankan. Potensi tersebut antara lain rumput laut dan sejumlah hasil tambang. Demikian disampaikan Gubernur Sultra Nur Alam pada pertemuan Tripartit di Auditorium Kantor Walikota Baubau, medio Januari lalu.

Mengawali sambutannya, dia menyatakan, kalau dibandingkan daerah-daerah lain, Kota Baubau pantas menjadi ibu kota provinsi. “Walaupun sangat berat saya mengucapkan ini, namun untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi dan mempermudah pelayanan masyarakat maka hal ini harus kita sepakat,” paparnya, dalam pidatonya.

Dikatakan, kepantasan untuk menjadi ibu kota provinsi, didukung dengan SDA yang cukup banyak baik dari sektor laut yakni dengan rumput lautnya, maupun di sektor pertambangan, seperti nikel, aspal, dan lain-lain. “Pertanyaannya apakah potensi ini semua kita sudah manfaatkan? Karena itu melalui Tripartid hari ini merupakan hal yang sangat tepat. Dimana Pemerintah sebagai regulator, perbankan sebagai fasilitator, dan pengusaha sebagai pelaku usaha,” bebernya.

Untuk menata kembali kekayaan alam di Sultra, Nur Alam mengatakan dalam waktu dekat bersama dengan Menteri Pertambangan Energi akan meninjau kembali seluruh SDA yang ada. Sehingga tambang yang sudah disalah gunakan para pengusaha akan ditarik kembali pemerintah. “Pemerintah akan meminta PT Sarana Karya, untuk mengembalikan aset negara untuk dikelola pemerintah dan dipergunakan untuk kemakmuran rakyat,” tandasnya.

Sejalan dengan itu Walikota Baubau Amirul Tamim mengatakan, banyaknya SDA di Baubau kalau dikelola dengan bagus bisa menjadi kebanggaan bersama. Karena itu, untuk pengelolan SDA dibutuhkan sinergitas tiga komponen, yakni pemerintah, pengusaha, dan perbankan. “Kalau tiga komponen ini sinergis, saya kira kekayaan alam dan segala potensinya akan menjadi di seluruh komponen,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan, dilihat dari aspek geografisnya Baubau salah satu titik yang strategis, karenanya Baubau tidak hanya melayani masyarakat Baubau saja, tapi juga melayani daerah lain. Sehingga apabila pelayanan itu ditangkap dengan baik bisa menjadi peluang untuk membangun perekonomian di daerah dan masyarakat.(tim)

Entry filed under: Uncategorized. Tags: .

Pesona Sejarah dan Alam Bumi Wolio PMI dan Palang Merah Denmark Bantu Bau-Bau

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Subscribe to the comments via RSS Feed


Kepala Daerah

Photo Flipbook Slideshow Maker

Prakata Pimpinan Redaksi

Glitter Photos Kami ucapkan selamat datang di Majalah Semerbak Online Kota Bau-Bau. majalah udara ini merupakan isi dari edisi cetak dari majalah Semerbak yang kami terbitkan setiap bulannya. Kami berharap, masukan saran dan kritik membangun dari pembaca sekalian. Meski kami hanya mengunakan ruang blog, tapi kami berharap para netter dan blogger di Indonesia maupun di belahan dunia ini bisa mengapresiasi terhadap apa yang kami perbuat...selamat Membaca..

Kota Bau-Bau


Photo Flipbook Slideshow Maker

Halaman lain-lain

Link Net Kota Bau-Bau


%d blogger menyukai ini: