Amirul Tamim Pimpin Konwil VI APEKSI

Januari 28, 2009 at 6:14 am Tinggalkan komentar

amiulMasyarakat Kota Bau-Bau dan kawasan Buton Raya pada umumnya patut berbangga dengan tampilnya putra daerah ini, Drs MZ Amirul Tamim M, Si yang memimpin kota-kota di kawasan timur Indonesia. Paling tidak, Ia menjadi sosok ‘anak Buton’ yang pertama kali meraih predikat ini, dan lebih patut dihargai, posisi Amirul Tamim sebagai Walikota Bau-Bau, juga merupakan walikota pertama kali yang bukan berasal dari ibukota provinsi yang dipercaya menduduki posisi ketua APEKSI. Inilah yang terjadi pada suksesi Musyawarah Komisariat Wilayah (Muskomwil) VI ke 5 Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) yang berlangsung di hotel Clarion Makassar awal Desember lalu.
Musyawarah yang dijadwalkan pelaksanaannya selama dua hari namun para peserta semua sepakat dapat menyelesaikan hanya sehari saja, ada tiga agenda kegiatan yang dilaksanakan di Muskomwil VI ke 5, diantaranya pameran dan lomba foto, City Tour, dan pemilihan Ketua Komwil VI APEKSI.
Pada Pameran dan Lomba foto yang diadakan panitia Muskonwil VI ini dari hasil dewan juri dari LKBN Antara menetapkan untuk lomba foto dalam kategori tema Kemiskinan kota diraih Pemkot Gorontalo sebagai juara I dan Tema Ruang Hijau terbuka dimenagkan Pemkot Makassar sebagai juara I, demikian dikatakan Panitia Muskonwil VI sesaat sebelum penutupan.
Dalam Muskonmil ini seluruh peserta sepakat memilih Walikota Bau-bau, MZ. Amirul Tamim sebagai ketua Konwil VI, dari sebanyak 17 Anggota (Walikota) yang hadir pada pertemuan ini sangat minin yang dating rata-rata hanya diwakili saja, kata Panitia Jumat (4/12).
Sebenarnya ‘sinyal’ terpilihnya Amirul Tamim sebagai ketua APEKSI ini, sudah tergambar Mei Juni 2007 lalu, dimana Kota Bau-Bau mendapat kepercayaan sebagai tuan rumah penyelenggara Rapat Kerja Apeksi. Menariknya 15 Walikota kawasan timur Indonesia yang hadir ‘diam-diam’ memberi apresiasi positif terhadap perkembangan Kota Bau-Bau, bahkan beberapa diantaranya seperti Walikota Makasar saat itu, Ilham Arif Sirajuddin, Walikota Ternate (Wakil Ketua APEKSI pusat) Samsir Andili dan Walikota Palu mengaku salut dengan apa yang dilihatnya di Bau-Bau.
Belum lagi, pada saat usai Rapat digelar, Walikota Bau-Bau menggagas lahirnya Monumen persatuan Indonesia Timur sebagai simbolik kebangkitan masyarakat kawasan Timur Indonesia, yakni Monumen Naga di pantai Kamali Bau-Bau yang persemiannya tepat pada hari Kesaktian Pancasila 1 Juni 2007, yang penandatanganannya dilakukan oleh 15 Walikota yang hadir.
Suatu kebanggaan yang didapat diperoleh pada sejumlah anggota APEKSI Konwil VI yang meliputi wilayah daerah pulau Sulawesi, Maluku dan Papua, karena dengan adanya wadah ini sebagai pemersatu dalam visi dan misi membangun Indonesia Timur umumnya dan bisa berbuat lebih banyak untuk kesejahteraan masyarakat pada khususnya, papar Ketua Konwil VI Apeksi yang baru, MZ. Amirul Tamim kepada wartawan pada jumpa pers setelah usai penutupan Konwil VI, Jumat (4/12).di Makassar.
Menurut Amirul Tamim, semestinya kalau diperhatikan secara seksama keberadan masyarakat Indonesia Timur masih tertinggal dari segi perekonomian dan infrastruktur, pada kalau dilihat secara cultural daerah dalam wilayah VI APEKSI ini yang sangat menonjol dari segi kemaritiman, dan Pariwisata sebagai unggulan ke 17 daerah kota ini, jelasnya,
“ Sebagai tugas yang telah diamanahkan dalam memimpin APEKSI Konwil VI yakni dapat melanjutkan program kepengurusan yang lalu dengan melanjutkan pundi-pundi yang telah dilaksanakan yang lalu, dengan membawa APEKSI bisa berperan sebagaimana mestinya ,” ucap Walikota Bau-bau ini.
Walikota Bau- Bau ini dengan diamanahkan sebagai pemimpin diorganisasi perkumpulan sejumlah Walikota pada wilayah Sulawesi, Maluku dan Papua harus mampu membangun kerjasama terhadap sesama anggota APEKSI atau kota dalam meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat pada umumnya , dan tujuan membangun kota masing-masing dengan membantu juga daerah-daerah yang terkebelakang atau tertingal dalam wilayah yang sama. (hamzah/inkom)

Entry filed under: Uncategorized. Tags: .

Berwisata? Bau-Bau Pilihannya. Dari Penerimaan Upakarti 2008 di Istana Negara

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Subscribe to the comments via RSS Feed


Kepala Daerah

Photo Flipbook Slideshow Maker

Prakata Pimpinan Redaksi

Glitter Photos Kami ucapkan selamat datang di Majalah Semerbak Online Kota Bau-Bau. majalah udara ini merupakan isi dari edisi cetak dari majalah Semerbak yang kami terbitkan setiap bulannya. Kami berharap, masukan saran dan kritik membangun dari pembaca sekalian. Meski kami hanya mengunakan ruang blog, tapi kami berharap para netter dan blogger di Indonesia maupun di belahan dunia ini bisa mengapresiasi terhadap apa yang kami perbuat...selamat Membaca..

Kota Bau-Bau


Photo Flipbook Slideshow Maker

Halaman lain-lain

Link Net Kota Bau-Bau


%d blogger menyukai ini: